Install Flashplayer di Slackware 14.0

Setelah sedikit berkenalan dengan Fedora kemarin, karena tuntutan kulliah terpaksa saya beralih ke Slackware untuk menyesuaikan dual boot saya dengan windows 8. Setelah proses instalasi selesai, tak ada salahnya untuk mencoba-coba terlebih dahulu Sistem operasi ini dimulai dengan mencoba berselancar ria di dunia maya. Sewaktu ingin sembari mau mendengarkan streaming radio, muncul peringatan dari browser untuk menginstall flash player, nah disini saya ingin berbagi cara instalasi flashplayer di slackware 14.0. Begini caranya, cekidot.

1. Download terlebih dahulu flashplayer pada situs resminya http://get2.adobe.com/flashplayer/

2. pilih format tar.gaz untuk instalasi di Slackware.

3. Setelah download selesai, jalankan konsole untuk instalasi, ingat ini linux bukan windows, mari kita berkonsole ria, instalasi dengan text based.

4. Di jendela konsole, pindahkan posisi anda menuju tempat dimana download-an flashplayer anda tersimpan. Contoh dalam hal ini saya menyimpannya di folder user “bach”. Ini contoh perintahnya :

$cd /home/bach/

Setelah itu, asumsinya bahwa file flash yang anda download tadi ada di folder user “Bach”, untuk cek isi folder yang ada tuju, anda bisa jalankan ini  $ls /home/bach/

Seharusnya ada file dengan nama “install_flash_player_11_linux.i386.tar.gz”

5. extract file tersebut dengan perintah:

$tar -xzvf install_flash_player_11_linux_i386.tar.gz

Setelah itu hasilnya adalah akan muncul file dan folder baru di lokasi tersebut, jika dilihat dengan perintah ls maka akan muncul 1 file dengan nama “readme.txt” dan 1 folder dengan nama “usr/”.

6. Sekarang inti dari plugin flashplayer sudah bisa dipakai, tinggal menaruhnya di direktori dimana firefox dapat mengetahui keberadaan plugin flashplayer. Kita akan memindahkan beberapa file penting menuju folder “/usr/lib/”. Karena tempat tersebut adalah daerahnya root, terlebih dahulu untuk berpindah menjadi root melalui konsole, perintahnya sebagai berikut :

$su -

Masukan password root.

7. Buat terlebih dahulu direktori baru untuk tempat peletakan plugin flash player dengan perintah dibawah ini :

#mkdir /usr/lib/firefox-15.0.1/plugins

8. Setelah itu pindah file plugin flashplayer ke direktori yang baru saja sudah kita buat, berikut perintahnya:

Untuk Slackware 32 bit:

#mv /home/bach/libflashplayer.so /usr/lib/firefox-15.0.1/plugins/

Untuk Slackware 64 bit:

#mv /home/bach/libflashplayer.so /usr/lib64/firefox-15.0.1/plugins/

9. Plugin sudah terimpan dengan baik, sekarang tinggal memastikan apakah firefox anda sudah mengetahui keberadaan plugin flashplayer atau belum. Jika Forefox anda sudah berjalan, restart firefox anda, lalu ketik “about:plugins”. Jika Firefox sudah bisa mendeteksi keberadaan plugin flashplayer, maka tampilan browser anda setidaknya akan seperti ini :

Image

Plugin sudah terdeteksi, youtube, streaming radio pun lancar. 🙂

Tinggalkan komentar